Sunday 15 October 2017

Hong Kong Keluarkan Peringatan Sinyal 8 Untuk Topan Khanun


Topan Khanun. Foto: Google Earth/THnews

HONG KONG,  Badan Observatorium Hong Kong melalui Buletin Peringatan Siklon Tropis yang dipublikasikan dalam situs resminya pada Minggu,15 Oktober 2017 pukul 13:45 waktu setempat telah mengeluarkan peringat sinyal nomor 8 untuk Topan (Typhoon) Khanun. Ini berarti angin dengan kecepatan rata-rata 63 kilometer per jam atau lebih diperkirakan dari kawasan Timur Laut.

Dikabarkan pada pukul 2 siang, Topan Kuat Khanun berada sekitar 220 km sebelah selatan-Barat Daya Hong Kong (mendekati 20,5 derajat utara dan 113,4 derajat timur) dan diperkirakan akan bergerak ke barat atau barat-Barat Laut sekitar 25 kilometer per jam di bagian utara Korea Selatan. Laut Cina mengarah Semenanjung Leizhou ke Pulau Hainan.

Menurut perkiraan saat ini, Khanun diperkirakan akan melewati sekitar 200 km Barat Daya Hong Kong dalam beberapa jam ke depan. Sinyal Gale atau Badai No. 8 diperkirakan akan tetap berlaku hampir sepanjang sore.

Angin lokal beralih ke Timur Laut, dan akan berubah menjadi easterlies kemudian. Daerah yang sebelumnya terlindung akan terekspos dan angin akan menguat. Masyarakat harus tetap waspada.

Air pasang saat ini berjalan lebih dari 0,5 meter di atas normal. Gelombang pasang akan terjadi malam ini dan menyebabkan banjir di beberapa dataran rendah.

Dalam satu jam terakhir, angin berkelanjutan maksimum yang tercatat di Sha Chau, Pulau Hijau dan Tai Mei Tuk masing-masing 77, 68 dan 64 kilometer per jam dengan hembusan maksimum 97, 92 dan 95 kilometer per jam. **

No comments:

Post a Comment