Wednesday 16 August 2017

PERINGATAN DINI dari BMKG Untuk Rabu, 16 Agustus 2017


Citra Satelit Himawari-BMKG

JAKARTA,  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika melalui situs webnya pada Selasa, 15 Agustus 2017 pukul 17:41 WIB telah mengeluarkan Peringatan Dini untuk kondisi cuaca di beberapa wilayah Indonesia yang berlaku untuk Rabu, 16 Agustus 2017 sebagai berikut :

ACEH
- Waspada Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang di wilayah selatan Provinsi Aceh.
- Waspada gelombang tinggi yang dapat mencapai 3 meter di wilayah peairan barat dan selatan Provinsi Aceh.

SUMATERA BARAT
Waspada potensi hujan sedang-lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kepulauan Mentawai, Padang Pariaman, Padang,  Agam, Pasaman Barat, Payakumbuh, 50kota pada pagi, siang, malam, dan dini hari.

KEPULAUAN RIAU
Berpotensi  terjadi hujan lebat di wilayah Batam, Karimun, Bintan dan Lingga pada pagi dan siang hari. Untuk transportasi laut dan aktifitas kelautan dihimbau agar waspada terhadap gelombang tinggi di wilayah perairan Natuna serta arus laut yang kuat di seluruh wilayah perairan Kepulauan Riau.

JAMBI
Waspada potensi hujan lebat disertai petir di Kab. Batanghari, Kab. Bungo, Kab. Sarolangun, dan Kab. Tebo pada malam hari.

BENGKULU
Waspada Angin Kencang disepanjang pesisir Barat Bengkulu dan Waspada Gelombang Laut Tinggi s/d 4.0 M diperairan Bengkulu- Enggano & Samudera Hindia Barat Bengkulu.

LAMPUNG
Waspada potensi hujan lebat di Way Kanan, Tubabar, dan Lambar pada sore hari.

BANTEN
Waspada potensi angin kencang di wilayah Kab. Lebak dan Pandeglang bagian Selatan dan gelombang tinggi di Selat Sunda bagian Selatan dan Perairan Selatan Banten.

DKI JAKARTA/JABODETABEK
Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Depok, Tangerang dan Bogor antara sore dan malam hari.

DI JOGYAKARTA
Peringatan dini dari BMKG : NIL Tinggi Gelombang Laut di Pesisir Selatan DIY 3.5 - 4.0 meter.

JAWA TIMUR
Waspadai Ketinggian Gelombang mencapai 2.5 meter di Laut jawa bagian timur, dan Ketinggian gelombang mencapai 3.0 meter di perairan selatan jawa timur.

BALI
Perlu diwaspadai tinggi gelombang laut mencapai 2 meter atau lebih di Perairan Selatan Bali.

NUSA TENGGARA BARAT
Waspadai kenaikan tinggi gelombang ≥ 2.0 meter di Selat Lombok, Selat Alas, Selat Sape, dan Perairan Selatan NTB.

NUSA TENGGARA TIMUR
Waspadai potensi angin kencang di Kupang Potensi gelombang tinggi perairan NTTbagian selatan hingga barat Potensi kebakaran lahan di wilayah NTT.

KALIMANTAN TENGAH
Waspada angin kencang di wilayah Pesisir Kalimantan Tengah. Waspada potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Tengah.

KALIMANTAN TIMUR
Waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Sendawar pada pagi dan malam hari, di wilayah Samarinda pada siang dan dini hari, di wilayah Balikpapan, Penajam, Tenggarong pada dini hari.

KALIMANTAN UTARA
Waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Tana Tidung pada malam hingga dini hari, di wilayah Nunukan pada siang dan dini hari, di wilayah Tanjung Selor pada dini hari.

SULAWESI TENGAH
Berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang pada siang dan malam hari di wilayah Donggala, Parimo, Poso, Tolitoli, Buol, Touna, Banggai dan Bangkep.
Berpotensi Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang pada pagi dan siang hari di wilayah Kota Palu, Donggala, Sigi, Parimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Banggai, Bangkep, Morowali dan Morowali Utara.

MALUKU UTARA
Waspada potensi hujan lebat yang dapat disertai petir di wilayah Morotai, Sanana, Maba, Weda dan Labuha pada sore hari dan dini hari

PAPUA
Berpoten Hujan Sedang di wilayah Serui, Sumohai, Wamena, Botawa, Enarotoli, Mulia, Burmeso dan Agats.

PAPUA BARAT
Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dengan di sertai petir terjadi di Kota Sorong, Aimas, Teminabuan, Kabupaten Tambrauw dan Fakfak.

Sumber: BMKG

No comments:

Post a Comment