Thursday 3 March 2016

Gempabumi 7,8 SR Getarkan Beberapa Kota di Sumatera Barat


Peta lokasi pusat gempabumi dan mekanisme sumber gempabumi tanggal 2 Maret 2016, pukul 19:49:41 WIB (Gambar BMKG)

JAKARTA, Kepala Humas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat Gempabumi dan Tsunami Jakarta, Drs. Eko Suryanto dalam rilis Berita Gempabumi No. : 3619 /InaTEWS/III /2016 menyebutkan telah terjadi gempabumi tektonik berkekuatan 7,8 Skala Richter pada Rabu, 02 Maret 2016 pukul 19:49:47 WIB.

Pusat gempa berlokasi di koordinat  4.92° Lintang Selatan - 94.39° Bujur Timur berada di laut pada kedalaman 10 km berjarak 793 km sebelah Barat Daya Padang, Sumatera Barat.

Gempa tersebut dirasakan di sekitar Air Bangis IV-V MMI. Sedangkan di sekitara Padang dan Padang Panjang III-IV MMI, dan Bukit Tinggi II-III MMI.

Pada bagian lain dari berita terkait juga menyebutkan berdasarkan hasil analisis sumber gempabumi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempabumi tersebut mempunyai mekanisme sumber berupa patahan geser (Gambar 1). Namun demikian berdasarkan pemodelan tsunami, gempabumi tersebut dapat berpotensi menimbulkan ancaman tsunami kecil (tidak signifikan) di wilayah sekitar pusat gempa yaitu di Nias, Kepulauan Pagai, Tanah Bala, Simeulue, Bengkulu, Pesisir Selatan, Nias bagian timur, dan sekitarnya.
Hasil catatan observasi muka laut di Padang dan Cocos Island-Australia terekam kenaikan muka air laut. (Gambar BMKG)
Hasil catatan observasi muka laut di Padang dan Cocos Island-Australia terekam kenaikan muka air laut masing-masing 5 cm dan 10 cm (Gambar 2). Oleh karena itu dapat disimpulkan gempabumi tersebut tidak menimbulkan tsunami signifikan dan BMKG telah mengakhiri peringatan dini tsunami pada jam 22.32:42 WIB untuk seluruh wilayah Indonesia.

Sementara pada hari yang sama pukul 23:08:37 WIB BMKG juga telah merilis adanya gempabumi susulan berkekuatan 5,2 Skala Richter berlokasi di koordinat 3.75° Lintang Selatan - 95.71° Bujur Timur di kedalaman 198 km berjarak 440 km BaratDaya Kepulauan Mentawai – Sumatera Barat. ***

Editor : Freddy Ilhamsyah PA

No comments:

Post a Comment