Tuesday 8 July 2014

Mesiko dilanda gempabumi berkekuatan 6,9 SR


Gambar: Google earth/THNews.com

PUERTO CHIAPAS, Meksiko (Telukharunews.com) – Gempabumi berkekuatan 6,9 Skala Richter yang terjadi pada Senin, 7 Juli 2014 pukul 06:23:55 waktu setempat atau pukul 18:23:55 WIB telah menggetarkan beberapa kota di negera bagian Chiapas, di pesisir pantai BaratDaya Samudera Pasifik.

Lokasi berada di koordinat 14.742°LintangUtara, 92.409°BujurBarat di kedalaman 60 km berjarak 2 km sebelah utara-TimurLaut dari Kota Pelabuhan Puerto Madero atau 22 km sebelah BaratDaya dari kota Tapachula, Mexico, dan 29 km sebelah barat-BaratLaut dari kota Ciudad Tecun Uman, Guatemala.
Gambar: USGS National Earthquake Information Center
Menurut data yang dikutip dari USGS National Earthquake Information Center gempa tersebut dirasakan MMI-VII di kota Puerto Madero, La Libertad, Ciudad Tecun Uman, Mazatan, Alvaro Obregon dan kota Frontera Hidalgo. MMI-V di kota Quetzaltenango. MMI-IV di kota Chimaltenango dan Escuintla. MMI-III di Kota Guatemala dan Tuxtla Gutierrez.

Sementara menurut bulletin Tsunami nomor 001 yang diterbitkan oleh Pusat Peringatan Tsunami Pasifik/NOAA/NWS pada Senin, 7 Juli 2014 pukul 11:27 waktu setempat, gempa tersebut tidak menimbulkan kerusakan dan ancaman tsunami untuk wilayah Samudera Pasifik. Namun gempabumi sebenar ini kadang-kadang menimbulkan tsunami local yang dapat merusak di sepanjang seratus kilo meter dari pusat gempa. (fi)

No comments:

Post a Comment