Monday 1 August 2011

TAPAK DARA HERBAL UNTUK ATASI KANKER DAN DIABETES


Catatan : Freddy Ilhamsyah PA

Tapak Dara (Catharantus roseus) atau Chang Chun Hua berwarna merah muda yang banyak ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan rumah sebenarnya merupakan herbal yang dapat dijadi sebagai obat anti kanker seperti yang ditulis di dalam buku “Herbal Indonesia Berkhasiat Bukti Ilmiah & Cara Racik” Vol.08 setebal 492 halaman terbitan PT Trubus Swadaya, Depok.

Vinkristin dan vinblastin merupakan dua senyawa aktif yang terdapat di dalam Tapak Dara sudah berhasil diisolasi dan dimanfaatkan sebagai anti kanker.

Selain itu daun dan bunga Tapak Dara juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi asma. Sedangkan khusus daunnya saja sangat berkhasiat sebagai anti kanker payudara, kanker otot, kanker nasofaring, dan kanker ginja serta dapat juga digunakan untuk menurunkan kadar gula darah, anemia, tekanan darah tinggi, demam, disentri, radang, gondong, gangguan kulit seperti bisul, luka dan bengkak.

Senyawa aktif

Vinkristin, vinrosidin, vinblastin dan vinleurosin, catharanthine, leurosine, lochnerine, tetrahydroalstonine, vindoline, vindoliline, akuammine, vincamine, reserpine, dan serpentine.

Bukti ilmiah

Tapak Dara mengandung golongan senyawa alkaloid yang sering disebut vinca alkaloid. Dua di antaranya vinblastin dan vinkristin diketahui bekerja sebagai anti kanker. Kedua senyawa ini mengganggu proses pembentukan mikrotubulus sehingga sel kanker tidak mampu melakukan proses mitosis. Caranya mereka akan berikatan dengan tubulin dalam kumparan mitotik dan memacu terbentuknya suatu jaringan depolimerisasi mikrotubula sehingga proses pembelahan sel menjadi terhalang. Vimblastin digunakan sebagai kemoterapi leukimia, vinkristin leukimia, kanker cabang tenggorokan, tumor pada ginjal, kanker payudara, dan berbagai kanker ganas pada otot dan urat saraf.

Tip resep

Kanker :

Daun Tapak Dara kering sebanyak 25-27 gram direbus dalam 1 (satu) liter air hingga mendidih. Angkat, saring, lalu didinginkan. Habiskan dalam 1 (satu) hari. Lakukan berulang-ulang, insya Allah sembuh.

Diabetes Mellitus :

Ambil Daun Tapak Dara sebanyak 15-17 lembar, direbus dalam 3 (tiga) gelas air hingga tersisa 1 (satu) gelas. Minum 2 (dua) kali sehari secara rutin.

No comments:

Post a Comment