Friday 5 October 2018

Topan Kong-rey Hantam Jepang

Typhoon Kong-rey. Foto: Google Earth/THnews

Jepang (NHK) Topan Kong-rey menghantam Jepang selatan. Sekurangnya 10 orang menderita cedera. Ini adalah badai kedua yang menimpa wilayah Jepang dalam waktu kurang dari sepekan. Topan ini bergerak ke utara di atas laut.

Menurut situs web resmi NHK Jepang Jumat (05/10/2018), Topan menyebabkan aliran listrik putus di sejumlah wilayah. Perusahaan Tenaga Listrik Okinawa mengatakan sekitar 2.000 rumah tangga di Okinawa saat ini mengalami pemadaman listrik. Sementara di Kepulauan Amami di Provinsi Kagoshima, hampir 1.000 rumah tangga menghadapi mati listrik.

Hujan lebat juga berdampak pada Kepulauan Kyushu dan Shikoku di barat daya. Para pejabat cuaca memperingatkan masyarakat agar waspada terhadap hujan lebat, angin kencang, ombak tinggi, longsor, dan banjir.

Di sejumlah daerah yang diperkirakan akan dilewati topan, warga meningkatkan upaya-upaya untuk mengurangi kerusakan.
Peta prakiraan perjalanan Topan Kong-rey. Foto:JMA
Sementara menurut data yang dikutip dari situs web resmi Japan Meteorological Agency - Tropical Cyclone Information merilis pada Jum’at, 05 Oktober 2018 pukul 14:45 UTC (21:45 WIB) berdasarkan hasil analisis pada pukul 14:00 UTC, Topan Kong-rey yang berskala besar dengan intensitas kuat ketika itu posisi pusatnya berada di koordinat 31°55' (31.9°) Lintang Utara dan 126°00' (126.0°) Bujur Timur bergerak maju ke arah utara dengan kecepatan 35 km perjam (18 knot) dengan tekanan di pusat 965 hPa (hectopascal). Sedangkan kecepatan angin maksimum dekat pusat 35 meter perdetik, dan kecepatan hembusan angin maksimum 50 meter perdetik (95 knot).

Ancam Korea Selatan

Menurut prediksi Telukharunews, setelah menghantam Jepang, Topan Kong-rey berskala besar dan berintensitas kuat yang saat ini pusat pusarannya berada di atas Laut Tiongkok Timur diprediksikan akan menyerang Seogwipo, Korea Selatan.

Editor: Freddy Ilhamsyah PA

No comments:

Post a Comment