Saturday 25 January 2014

PRAKIRAAN CUACA MINGGUAN (Tanggal 24 - 30 Januari 2014)

Pumpunan awan di atas wilayah Indonesia (gsmbar Google earth/Telukharunews.com)



Hasil Pantauan sebagai Dasar Pertimbangan

Terdapat pusat tekanan rendah di sekitar Samudera Pasifik sebelah Timur Philipina (1008 hPa), dan di sekitar Australia (991 hPa) dan (1003 hPa). Kondisi ini memberikan dampak pada terbentuknya wilayah pertemuan angin yang terkonsentrasi di wilayah Sumatera bagian Barat dan Selatan, Jawa bagian Barat, Tengah dan Timur, Bali, NTB dan NTT, serta wilayah Papua bagian Selatan. Suhu Muka Laut disekitar perairan wilayah Indonesia umumnya berkisar antara 28.0 – 31.0 C dengan Suhu Muka Laut tertinggi terjadi di wilayah Samudera Hindia Barat Sumatera, Perairan Selatan Jawa, NTB hingga NTT, Laut Timor, Laut Arafura dan Perairan Selatan Papua.

Angin di atas wilayah Indonesia sebelah Utara khatulistiwa umumnya bertiup dari arah Timur laut - Utara, sedangkan di sebelah selatan khatulistiwa angin umumnya bertiup dari arah Barat Daya – Barat Laut, kecepatan angin berkisar antara 05 – 25 km/jam dengan kecepatan angin tertinggi terjadi di sekitar perairan Kepulauan Riau dan Bangka Belitung, perairan utara Aceh, Laut Cina Selatan, Selat Karimata, Laut Jawa, Selat Makassar, Laut Banda, Laut Timor dan Laut Arafuru.

Hujan dengan intensitas sedang – lebat berpotensi terjadi di wilayah Pesisir Sumatera bagian Barat dan Sumatera bagian Selatan, Kalimantan bagian Selatan, Sulawesi bagian Selatan, dan Tenggara, Maluku bagian Tengah dan Tenggara, Papua bagian Barat dan Tengah, Bali-NTB, sebagian Jawa bagian Barat, Tengah, dan Timur.

Wilayah Jabodetabek
               
JAKARTA:           

  • Tanggal 24 - 26 Januari 2014: Umumnya berawan dan hujan ringan, potensi hujan sedang – lebat terjadi di wilayah Utara, Barat dan Selatan terutama pada siang/sore dan malam hari.     
  • Tanggal 27 - 30 Januari 2014: Umumnya berpotensi hujan ringan – sedang terjadi di wilayah Utara, Barat dan Selatan terutama pada siang/sore dan malam hari.

BOGOR:              

  • Tanggal 24 - 26 Januari 2014: Umumnya berawan dan hujan ringan, potensi hujan sedang – lebat di wilayah Utara pada siang/sore dan malam hari.        
  • Tanggal 27 - 30 Januari 2014: Umumnya berpotensi hujan ringan – sedang, potensi hujan lebat di wilayah Utara terutama pada siang/sore dan malam hari.

TANGERANG    

  • Tanggal 24 - 26 Januari 2014: Umumnya berawan dan hujan ringan, potensi hujan sedang – lebat terjadi di wilayah Utara terutama pada siang/sore dan malam hari.         
  • Tanggal 27 - 30 Januari 2014: Umumnya berpotensi hujan ringan – sedang, potensi hujan lebat di wilayah Utara terutama pada siang/sore dan malam hari.

BEKASI 
  • Tanggal 24 - 26 Januari 2014: Umumnya berawan dan hujan ringan, potensi hujan ringan - sedang di wilayah Utara pada siang/sore dan malam hari.
  • Tanggal 27 - 30 Januari 2014: Umumnya berawan dan hujan ringan, potensi hujan sedang di wilayah Selatan dan Timur terutama pada siang/sore dan malam hari.

DEPOK 

  • Tanggal 24 - 26 Januari 2014: Umumnya berawan dan hujan ringan, potensi hujan sedang – lebat di wilayah Utara pada siang/sore dan malam hari.        
  • Tanggal 27 - 30 Januari 2014: Umumnya berpotensi hujan ringan – sedang, potensi hujan lebat di wilayah Utara dan selatan terutama pada siang/sore dan malam hari.

SUMATERA        

  • Tanggal 24 - 26 Januari 2014: Umumnya berawan dan hujan ringan, potensi hujan sedang – lebat di wilayah pesisir Barat dan Timur Sumatera bagian Selatan, Sumatera bagian Tengah dan Selatan serta Lampung.   
  • 27 - 30 Januari 2014: Umumnya berawan dan hujan ringan, potensi hujan sedang - lebat di wilayah Pesisir Barat Sumatera bagian Tengah dan Selatan serta Sumatera bagian Selatan.

KALIMANTAN   

  • Tanggal 24 - 26 Januari 2014: Umumnya berawan dan hujan ringan potensi hujan sedang di wilayah Kalimantan bagian Selatan.               
  • Tanggal 27 - 30 Januari 2014: Umumnya berawan dan hujan ringan, potensi hujan sedang – lebat di wilayah Kalimantan bagian Barat dan Tengah.

SULAWESI          

  • Tanggal 24 - 26 Januari 2014: Umumnya berawan dan hujan ringan, potensi hujan sedang di wilayah Sulawesi bagian Tenggara dan Selatan.  
  • Tanggal 27 - 30 Januari 2014: Umumnya berawan dan hujan ringan, potensi hujan sedang di wilayah Sulawesi bagian Tengah, Selatan dan Tenggara.

MALUKU            

  • Tanggal 24 - 26 Januari 2014: Umumnya berawan dan hujan ringan, potensi hujan sedang - lebat di wilayah Maluku bagian Tengah dan Tenggara.  
  • Tanggal 27 - 30 Januari 2014: Umumnya berawan dan hujan ringan, potensi hujan sedang - lebat di wilayah Maluku bagian Tengah dan Tenggara.

PAPUA

  • Tanggal 24 - 26 Januari 2014:  Umumnya berawan dan hujan ringan, potensi hujan sedang - lebat di wilayah Papua bagian Utara, Tengah dan Selatan.        
  • Tanggal 27 - 30 Januari 2014: Umumnya berawan dan hujan ringan, potensi hujan sedang – lebat di wilayah Papua bagian Barat, Tengah dan Selatan.

JAWA   

  • Tanggal 24 - 26 Januari 2014: Umumnya berawan dan hujan ringan, potensi hujan sedang - lebat di wilayah Jawa Barat bagian Barat, Tengah dan Selatan, Jawa Tengah bagian Utara dan Jawa Timur bagian Barat, Tengah dan Selatan.               
  • Tanggal 27 - 30 Januari 2014: Umumnya berawan dan hujan ringan dengan potensi hujan ringan - sedang di wilayah Jawa Barat bagian Barat, Jawa Tengah bagian Tengah dan Selatan dan Jawa Timur bagian Tengah dan Selatan.

BALI, NTT dan NTB          

  • Tanggal 24 - 26 Januari 2014: Umumnya berawan dan hujan ringan, potensi hujan sedang – lebat di wilayah Bali bagian Tengah dan selatan , NTB bagian Barat dan tengah dan NTT bagian Barat.            
  • Tanggal 27 - 30 Januari 2014: Umumnya berawan dan hujan ringan potensi hujan sedang - lebat di wilayah NTB bagian Timur dan NTT bagian Barat dan Tengah.

Peringatan Dini

Tanggal 21 - 22 Jan 2014 : Pesisir Barat Sumatera bagian Selatan, Bengkulu bagian Selatan, Lampung, Banten bagian Barat dan Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat bagian Barat dan Utara, Jawa Tengah bagian Utara dan Selatan, Sulawesi Selatan bagian Selatan, Sulawesi Tenggara bagian Selatan, Maluku bagian Tengah dan Tenggara, NTB bagian Tengah dan Barat, NTT bagian Barat, Papua bagian Selatan.

Tanggal 23 - 24 Jan 2014 : Pesisir Barat Sumatera bagian Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat bagian Utara dan Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur bagian Timur, Kalimantan Tengah bagian Selatan, Kalimantan Selatan, NTT bagian Barat, Papua bagian Tengah dan Selatan.

Tanggal 25 - 27 Jan 2014 : Sumatera Selatan bagian Timur, Sumatera Barat bagian Tengah dan Selatan, Lampung bagian Timur, Jawa Barat bagian Barat dan Utara, Kalimantan Selatan bagian Selatan, Maluku, Maluku Tenggara, Papua bagian Tengah.

Catatan dan Keterangan:
Hujan ringan dengan intensitas: 0,1 - 5,0 mm/jam atau 5 - 20 mm/hari
Hujan sedang dengan intensitas: 5,0 - 10,0 mm/jam atau 20 - 50 mm/hari
Hujan lebat dengan intensitas: 10,0 - 20 mm/jam atau 50 - 100 mm/hari
Hujan sangat lebat dengan intensitas: >20 mm/jam atau >100 mm/hari

Untuk keperluan 'perencanaan' dalam kegiatan operasional, agar kembali menghubungi BMKG (Unit kerja: Pusat Meteorologi Publik - Informasi Meteorologi Publik sebagai antisipasi perubahan/updating dari prakiraan mingguan. (fi)


No comments:

Post a Comment