Warkop Pangkalan di jalan Tambang Minyak Pangkalansusu |
PANGKALANSUSU, Warkop Pangkalan adalah cucu Kedai Kopi Pak
Mail, panggilan beken untuk Ismail yang sudah kesohor sejak tahun 1960-an di kota
Pangkalansusu, Ibukota Kecamatan Pangkalansusu, Kabupaten Langkat, Provinsi
Sumatera Utara.
Racikan kopi kedai ini memiliki aroma khusus pada masa itu,
sebelum kopi Uleu Kareung di Banda Aceh dikenal orang. Kedai Kopi pak Mail
sudah merebut hati warga Pangkalansusu maupun pendatang dari luar kota Pangkalansusu
(sewilayah Teluk Aru).
Tempat meracik kopi dan berbagai soft dring lainnya. |
Kegiatan Kedai Kopi pak Mail terpaksa terhenti beberapa
bulan akibat Kota Pangkalansusu pada Minggu, 17 Juli 2005 terbakar sehingga
menjadi semacam “Lautan Api”. Akibatnya, sebanyak 86 unit Ruko, 13 rumah
penduduk, 120 unit kios dan 21 unit bangunan loos pasar tradisional di kota itu
musnah dan rata dengan tanah, termasuk Kedai Kopi Pak Ismail di jalan Tambang
Minyak Pangkalansusu ikut jadi korban si Jago Merah.
Karaokean untuk mengilangkan penat |
Dengan bersusahpaya keluarga pak Mail mendirikan kembali
kedai kopi darurat di bekas tempat lama demi untuk melajutkan usaha mereka yang
sudah berurat-akar sebagai penjual minuman kopi khas pak Mail. Pada tahun 2005
pak Ismail meninggal dunia kemudian usahanya dilanjutkan oleh putra sulungnya
(Arifin) dibantu Awaluddin yang biasa disapa dengan sebutan Awal si peracik kopi
yang handal.
Milk Shake khas Warkop Pangkalan |
Era baru
Selepas wafatnya pak Ismail, Kedai Kopi Pak Mail mulai memasuki
era baru setelah bangunan lama semi permanen dipugar menjadi bangunan permanen
berlantai dua yang berdiri kokoh di jalan Tambang Minyak No. 95-97
Pangkalansusu dengan nama baru “Warkop Pangkalan” yang kini pengelolaannya dialihkan
kepada Andri Putra (24) cucu pak Ismail (alm).
Aneka menu seafood |
Menurut putra ketiga Hasan Ismail (pemilik toko kosmetik
“Sarina” Pangkalansusu), Warkop Pangkalan diresmikan pada pada 9 Maret 2014 dengan investasi patungan
bersama abangnya (Chairil Fuadi) yang berprofesi sebagai pelaut.
Menyinggung tentang menu yang tersedia di Warkop Pangkalan, penyandang
D3 IPB jurusan Komunikasi itu menjelaskan selain kopi hitam khas pak Mail juga
tersedia berbagai ragam seperti Kopi Susu Telor, Kopi Susu Cincau, Kopi Vanilla
Ice Cream, Kopi Tiga Rasa Mint dll, juga
ada Teh Vanilla Ice Cream, Teh Susu Cincau, Teh Blend Mint, Lemon Tea Mint dan
berbagai jenis minuman ringan lainnya termasuk berbagai jenis jus.
Nasi Ayam Kremes Spesial |
Di Warkop Pangkalan juga ada disediakan snack Roti Bakar
Keju Coklat, Kentang Goreng, Nugget, Risol Ayam, Piscok, Pentol Goreng dan
sebagainya.
Sedangkan untuk makanan tersedia berbagai jenis Nasi Goreng,
Nasi Kremes Spesial, berbagai menu Bihun Goreng, Ifo Mie Goreng, Mie Tiaw. Di
situ juga tersedia Capcay Seafood dll, Cah Kangkung dll dan Cah Tauge.
Nongkrong bareng teman-teman |
Untuk menu seafood ada Cumi Crispi dll, Udang Pedas Wangi
dll, berbagai jenis Ikan Bakar dan goreng, serta berbagai menu Ayam Bakar seperti
Ayam Penyet, Ayam Kremes, Ayam Pedas Wangi dll.
Karaoke dan Ruang
Meeting
Sementara di Lantai-II merupakan ruang karaoke yang sangat
digemari bukan hanya oleh remaja Pangkalansusu tapi juga diminati remaja dari
luar Pangkalansusu yang sengaja datang ke Warkop Pangkalan untuk bergembira-ria
di hari libur dan malam-malam tertentu (Sabtu dan Minggu).
Acara peringatan Ultah konsumen |
Andri menjelaskan, selain untuk nonton bareng berbagai event
khususnya sepakbola, ruang lantai-II juga sering dijadikan sebagai tempat acara
perayaan hari ulang tahun konsumen dan tempat meeting berbagai kalangan, karena
di tempat kami tersedia proyektor dan layar infocus yang lebar.
Nonton Bareng Sepakbola |
Menurut Andri, Warkop Pangkalan juga meladeni pesanan untuk
berbagai acara dalam partai besar dengan harga bersaing dan terjangkau bagi pemesan.
Untuk pemesanan dapat menghubungi Andri melalui telpon selular nomor 0821 6052
7749 dan 0822 7701 0010 (24 jam online).
“Nongkrong sambil makan atau minum enggak perlu mahal yang
penting happy di Warkop Pangkalan,” ucap Andri. Motto kami “Konsumen itu adalah
raja” tambahnya mengakhiri obrolnya dengan Telukharunews, Selasa (21/10). fi
No comments:
Post a Comment